3 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Terhadap Penyakit yang Efektif

Seiring bertambahnya usia, sangat penting untuk membahas cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit untuk diri sendiri dan keluarga, termasuk lansia. Karena sistem kekebalan melemah, ini memiliki dampak signifikan pada kesehatan yang mengarah pada peningkatan risiko infeksi virus dan bakteri pada orang tua.

Tips Menjaga Imun Tubuh Orang Tua

Lansia (dewasa di atas 50) memiliki potensi risiko yang lebih tinggi daripada kelompok usia lainnya di bawah usia 50 tahun. Jadi, Anda harus benar-benar memahami cara meningkatkan kekebalan tubuh untuk mengurangi risiko gangguan kesehatan pada lansia. Cara ini bisa dilakukan siapa saja bahkan mereka yang masih dalam keadaan sehat dan di bawah 50 tahun untuk mempersiapkan tubuh di masa tua nanti.

1. Cukup tidur

Istirahat dan tidur yang cukup memiliki dampak besar pada kesehatan Anda. Saat Anda tidur, tubuh Anda melepaskan sitokin, zat yang membantu tubuh merespons peradangan. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengurangi masalah kesehatan pada lansia. Jadi, jika Anda kurang tidur, maka dapat memengaruhi tubuh Anda dalam memproduksi antibodi dan sel-sel lain.

Orang dewasa direkomendasikan agar tidur selama 7-8 jam. Jika Anda mengalami kesulitan tidur atau memiliki kualitas tidur yang buruk, mungkin ini saatnya untuk mulai mengembangkan kebiasaan tidur yang baik. Anda bisa mulai tidur dan bangun di jam yang sama dengan teratur setiap hari. Ciptakan lingkungan yang ramah tidur yang bebas dari kebisingan dan gangguan.

2. Olahraga secara teratur

Cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yaitu dengan olahraga ringan. Aktivitas ini dapat meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh serta membuat tubuh lebih sehat. Berolahraga rutin dapat membantu sistem kekebalan tubuh meningkatkan IgA (imunoglobulin A), protein yang meningkatkan kemampuan sel dalam mendeteksi patogen. Beberapa aktivitas ringan yang direkomendasikan seperti berjalan selama 20-30 menit setiap hari. Lakukan olahraga ringan sesuai dengan kondisi tubuh agar tetap kuat dan sehat.

3. Melengkapi kebutuhan nutrisi

Tanpa nutrisi yang tepat, sistem kekebalan tubuh tidak dapat memberikan respons secara efektif. Agar bisa melindungi tubuh dengan baik, sel membutuhkan makronutrien dari karbohidrat, protein dan lemak untuk menyediakan energi pada organ-organ tubuh yang vital.

Sementara itu, zat gizi mikro berperan penting dalam proses metabolisme tubuh dan dapat berperan sebagai antioksidan saat tubuh sedang stres. Vitamin C, D, E dan seng diketahui mempengaruhi sel-sel kekebalan tubuh.

Cara meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit yang memang efektif yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi. Ini juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu Boost Optimum 1-2 gelas per hari. dilengkapi dengan 26 vitamin dan mineral, protein whey, prebiotik dan probiotik untuk mendukung kesehatan tubuh.