5 Daftar Makanan Sehat Untuk Anak yang Bisa Dicoba

Memberikan makanan sehat untuk anak sangat bermanfaat baik untuk pencernaan, otak maupun perkembangan fisiknya. Ada banyak makanan sehat yang bisa Anda coba, tapi sayangnya tak semua anak menyukai makanan sehat tersebut. Contohnya seperti sayur dan buah, hampir sebagian besar anak-anak kurang menyukainya.

Untuk itu Anda harus lebih kreatif dalam mengkombinasikan antara sayur dan juga buah agar menjadi hidangan atau camilan yang lezat untuk mereka. Jika Anda masih bingung, mungkin bisa mencoba alternatif beberapa kombinasi makanan sehat di bawah ini!

1. Alpukat dan Roti Gandum

Tentu Anda tak asing dengan buah alpukat ini, bukan, di mana biasanya dikonsumsi untuk jus. Namun, bukan hanya sebagai jus saja, Anda bisa memberikan buah ini bersama dengan roti gandum. Kombinasi roti gandum lapis berisikan alpukat bisa dijadikan sebagai pilihan untuk camilan.

Lemak sehat yang ada di dalam alpukat dipercaya mampu untuk memperlambat proses metabolisme karbohidrat yang ada di dalam roti gandum tersebut. Anak pun akan merasa kenyang lebih lama dan pastinya camilan ini sehat bagi tubuh si kecil.

2. Buah dan Yoghurt

Buah dan yoghurt adalah perpaduan yang sangat tepat jika Anda ingin memberikan camilan yang sehat kepada si kecil. Pasalnya rasa segar dan manis dari kombinasi makanan sehat ini sangat disukai oleh anak-anak.

Rekomendasi buah yang bisa Anda pakai bersama yoghurt mungkin seperti strawberry, mangga, blueberry, kiwi dan semacamnya.

3. Smoothie Buah

Rekomendasi selanjutnya mungkin yang bisa dicoba adalah smoothie buah, di mana ada beberapa anak yang memang tidak suka jika memakan buah secara langsung. Sehingga dengan menjadikannya smoothie maka akan lebih mudah untuk dikonsumsi.

Selain smoothie buah saja, Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan sayur yang cocok. Sekarang bahkan ada banyak sekali resep smoothies yang bisa Anda coba di internet.

4. Susu dengan Sereal

Tak bisa dipungkiri jika sereal memang salah satu makanan favorit bagi sebagian besar anak-anak. Ada banyak variasi sereal yang dijual di minimarket, tapi Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalam kemasannya.

Jangan sampai Anda justru membeli sereal yang banyak kandungan gulanya, karena beberapa sereal memang mengandung banyak bahan yang tidak baik untuk si kecil. Biasanya sereal ini dikombinasikan dengan susu agar lebih enak.

5. Bayam dan Juga Sarden

Bayam merupakan sayuran yang bagus bagi tubuh si kecil, terutama karena kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya. Sementara itu sarden sendiri mengandung vitamin yang juga bagus untuk si kecil seperti misalnya yang vitamin D.

Perpaduan dua makanan ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan tepat bagi si kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Itu dia beberapa alternatif kombinasi makanan sehat untuk anak yang bisa Anda coba. Semoga berhasil!