5 Tips Mempertahankan Berat Badan Anak agar selalu ideal

Di masa pertumbuhannya, penting sekali untuk memastikan anak memiliki berat badan yang ideal. Jangan terobsesi membuat anak tumbuh dengan badan yang gemuk melebihi bobot idealnya. Berat badan ideal anak harus selalu dijaga agar anak bisa tumbuh optimal dan berkembang sesuai tahap usianya. Kondisi yang bagus adalah tubuh anak tidak terlalu gemuk maupun tidak terlalu kurus tetap ideal.

Menjaga BB Ideal Anak

Orang tua punya peran besar untuk menjaga agar anak selalu memiliki berat badan yang ideal. Perlu diketahui bahwa saat ini tidak hanya berat badan kurang yang jadi masalah pertumbuhan anak melainkan juga berat badan berlebih atau obesitas. Berikut ini adalah 5 tips efektif yang bisa dilakukan untuk menjaga stabilitas berat badan pada anak:

1. Terapkan Pola Makan yang Tepat

Pertama, terapkan pola makan yang sehat kepada anak. Pola makan ini menjadi faktor utama yang akan berpengaruh pada berat badan. Jika pola makannya benar maka berat badan anak juga pasti akan lebih ideal. Biasakan anak untuk sarapan sebelum beraktivitas. Selain itu ajak anak mengonsumsi makanan sehat setiap hari dalam porsi yang cukup.

2. Ajak Anak Berolahraga

Selain makan sehat, anak juga harus dibiasakan untuk berolahraga. Banyak kasus dimana anak terlalu lahap makan tapi malah beraktivitas fisik. Akhirnya mereka mengalami peningkatan berat badan yang cukup drastis dan mendapat status obesitas. Agar kondisi ini tidak terjadi, ajaklah anak untuk berolahraga secara rutin agar bisa membakar lemak dan meningkatkan kekuatan fisik anak.

3. Berikan Waktu Tidur yang Cukup

Berat badan ideal anak juga akan dipengaruhi oleh waktu tidur. Usahakan anak selalu mendapat waktu tidur yang mencukupi setiap hari. Tidur tepat waktu akan membantu mengoptimalkan pertumbuhan tubuh anak. Bagi anak-anak yang kesulitan menaikkan berat badan, perbaikan waktu dan kualitas tidur ini bisa jadi salah satu solusi yang bisa dicoba para orang tua.

4. Cek Berat Badan Berkala

Pastikan untuk selalu memeriksa bobot tubuh anak secara berkala. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah berat badan anak sudah masuk ke dalam kelompok bobot tubuh ideal atau belum. Selain itu, orang tua juga bisa langsung tahu jika anak mengalami obesitas atau kekurangan berat lewat pemeriksaan berkala ini.

5. Hindari Camilan Tinggi Gula Garam

Orang tua wajib menjauhkan anak dari berbagai jenis camilan yang tinggi kandungan gula dan garam. Jenis camilan seperti ini sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anak. Usahakan untuk memberikan camilan dalam bentuk yang lebih sehat contohnya potongan sayur juga buah.

Seperti itulah 5 tips menjaga berat badan ideal anak. Sangatlah penting bagi semua orang tua untuk memastikan anak mereka tumbuh sehat dengan berat badan ideal. Tak perlu terobsesi membuat anak jadi gemuk dan menggemaskan. Selama berat badan ideal maka akan jauh lebih pula bagi anak untuk tumbuh sehat dan optimal.