5 Tips Penting dalam MPASI Pertama

Memiliki buah hati yang mulai MPASI pertama tentu memberi kebahagiaan pada orang tua. Anda bisa mulai memberikan asupan nutrisi dari makanan yang bisa mendukung tumbuh kembang si kecil lebih baik. Si kecil pun akan belajar mengenal tekstur MPASI 6 bulan yang lebih lembek atau puree. Sebelum memilih jenis makanan yang cocok menjadi menu MPASI pertama, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal penting dalam pemberian MPASI.

Yang perlu diperhatikan dalam MPASI pertama

MPASI pertama harus Anda perhatikan agar tidak menimbulkan masalah kesehatan pada sistem pencernaan si kecil. Selain itu, Anda tidak boleh memaksa anak untuk menyukai tekstur MPASI 6 bulan secara langsung. Pengenalan tekstur dan rasa makanan wajib bertahan agar anak bisa menyukai MPASI pertama tanpa rewel. Yuk, simak beberapa tips penting dalam MPASI pertama si kecil berikut!

1. Memperhatikan kesiapan si kecil

Sebagian orang tua acap memberikan MPASI sebelum anak berusia 6 bulan karena anak menunjukkan respon pada makanan. Sebaiknya Anda konsultasi dengan dokter untuk melihat kesiapan anak, termasuk sistem pencernaan pada usia 6 bulan sudah siap menerima asupan MPASI dengan tekstur lembek.

2. Memperhatikan frekuensi dan porsi makanan

Mengenalkan MPASI pertama memang butuh kesabaran sebab anak bisa saja menolak makanan. Untuk pertama melakukan MPASI, frekuensi 2-3 kali sehari sebanyak dua atau tiga sendok makan sudah cukup. Nantinya anak akan mulai beradaptasi dan siap menikmati MPASI lebih banyak seiring perkembangan tubuhnya.

3. Memperhatikan tekstur makanan

Tekstur makanan harus lembek atau masuk kategori bubur kental untuk mendukung kenyamanan anak dalam menikmati makanan. Pasalnya, anak masih belum mampu menelan makanan dengan tekstur lebih kasar dan bisa menghindari risiko tersedak makanan.

4. Memperhatikan kandungan gizi

Tidak hanya tekstur MPASI saja, Anda juga harus memperhatikan kandungan gizi pada makanan yang diberikan. Pilih jenis makanan yang aman dikonsumsi bayi usia enam bulan, misalnya nasi tim dan sayuran, nasi tim dan daging, puree buah alpukat, puree pisang, dan lain-lain.

5. Memperhatikan respons anak pada MPASI

Anda harus aktif memperhatikan kesiapan dan respons anak pada MPASI pertama. Ada pula kondisi anak enggan makan karena masalah kesehatan atau situasi pemberian MPASI yang tidak kondusif, misalnya anak lebih suka bermain alih-alih makan. Pastikan Anda tahu kapan memberikan MPASI yang terbaik, termasuk pemberian camilan sehat seperti biskuit bayi.

Kini Anda bisa membuat tekstur MPASI 6 bulan yang kental untuk mendukung keamanan dan kenyamanan anak mengenal rasa makanan. Tetap berikan ASI eksklusif agar anak bisa mendapatkan asupan nutrisi kompleks yang lebih maksimal. Tumbuh kembang anak lebih sempurna dengan proses MPASI lancar tanpa kendala, kenapa tidak? Berikan menu MPASI yang mengandung gizi tinggi seperti bubur Nestle nasi merah, buah, sayuran, dan daging.