6 Tips Bagaimana Cara Melatih Anak Berbicara

Hidup sebagai orang tua memerlukan berbagai tanggung jawab salah satunya yaitu melatih anak untuk berbicara. Sebelum mulai berbicara, sebenarnya anak sudah mampu menerima berbagai informasi lewat indra lainnya sepanjang waktu. Cara melatih anak berbicara terbaik yaitu melalui pengalaman, cukup berikan beberapa stimulasi seperti berikut ini.

1. Ajak Anak Bicara

Hal pertama yang terlihat sepele tetapi sangat berpengaruh dalam perkembangan kemampuan bicara anak adalah mengajaknya berbicara. Berbicara dengan anak harus cukup banyak meskipun anak masih belum bisa merespon kembali dengan bicaranya. Lakukan pembicaraan hal kecil seperti ketika makan atau saat bermain agar pemahaman kata anak lebih banyak.

2. Jelaskan Apa yang Anda Lakukan

Selanjutnya yaitu jika tengah berdua dengan sang anak, harus selalu ada inisiasi untuk mulai mengajaknya bicara. Ada banyak hal yang bisa dibicarakan seperti menjelaskan apa saja kegiatan yang tengah dilakukan atau bicara apapun. Berdialog dengan anak tentang kegiatan bisa membuat mereka memahami lebih banyak lagi kata-kata tanpa disadari.

3. Kenalkan Benda Secara Verbal

Ketika anak bermain, orang tua seringkali hanya mengenalkan benda secara bentuk saja tidak secara verbal. Penjelasan verbal terkait banyak hal, misalnya ketika berada di taman bertemu dengan hewan atau tanaman sangat diperlukan. Jelaskan juga tentang apa saja makanan yang hendak di makan, sebutkan saja makanan tersebut langsung pada anak.

4. Ajarkan untuk Mengulang

Setelah mulai membiasakan anak dengan berbagai kata, mulailah untuk melatih mereka mengulang apa yang diucapkan. Misalnya ketika mengenalkan sebuah bola, latihlah anak untuk mulai mengatakan bahwa itu adalah bola walau dengan terbata. Meskipun nantinya anak mungkin akan mengatakan “boa” itu adalah sebuah pertanda yang bagus dari perkembangannya.

5. Gunakan yang Membuat Anak Tertarik

Setiap anak pasti memiliki ketertarikan berbeda terhadap sesuatu misalnya saja pada boneka, ini adalah sebuah keuntungan besar. Jika mereka terobsesi pada sebuah objek atau bahkan karakter, mulailah untuk menggunakan hal tersebut dalam berkomunikasi dengan anak. Berikan sedikit cerita pendek atau ceritakan tentang karakter tersebut dengan perlahan agar anak tidak bosan.

6. Berikan Musik

Satu hal yang terdengar sepele tapi terbukti banyak memberi efek adalah mengajarkan berbicara melalui lagu atau musik. Ada banyak lagu anak yang bisa mulai dinyanyikan bersama si kecil seperti Twinkle Twinkle Little Star misalnya. Mulai mengajari anak kata dengan irama akan membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dan lebih ceria ketika belajar berbicara.

Masih ada banyak lagi cara melatih anak berbicara tetapi hal yang terpenting adalah bagaimana membuat mereka menjadi tertarik. Saat hendak tidur, bisa juga membacakan buku dongeng pada anak sembari berbicara padanya meskipun tidak ada respon balik. Selalu ajak anak berbicara, mengenalkan benda, atau nyanyikan lagu bersama agar bisa bicara lebih cepat.