Tips Memilih Kopi Yang Tepat Agar Nikmat Seperti Kopi Ala Café

Semenjak pandemi covid-19 tentunya intensitas menongkrong anda terbatasi. Apabila sebelumnya bisa dikatakan hampir setiap hari anda mengunjungi cafffe maka saat ini anda lebih banyak dirumah. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi kebiasaan anda dalam mengkonsumsi kopi bukan? Terbiasa mengkonsumsi kopi caffe yang enak tentunya sangat membuat lidah anda merindukannya. Akan tetapi akan berbeda ketika anda bisa membuat kopi ala kafe yang enak di rumah.

Sebelum membuat kopi ala cafe yang enak di rumah, memilih bahan juga perkara yang sangat penting. Tidak sembarang coffe bisa anda gunakan. Membuat kopi yang enak sendiri harus dimulai dari bahan yang tepat. Maksud tepat disini adahal metode, biji kopi dan bahan lain yang digunakan harus sesuai dengan jenis minuman yang ingin anda buat. Beriku akan kami sampaikan cara memilih kopi untuk anda buat sendiri di rumah agar kerinduan anda pada kopi bikinan caffe dapat terobati.

Robusta ataukah Arabica?

Disini ada dua jenis kopi yang paling umum digunakan di caffe yakni robusta dan Arabica dimana keduanya mempunyai karakteristik dan kadar kandungan zat yang berbeda. Robusta disini cenderung pahit karena ia mempunyai kandungan kafein yang lebih tinggi akan tetapi ia mempunyai aroma kopi yang tajam dan tidak terasa asam. Untuk Arabica mempunyai rasa yang tidak terlalu pahit karena kandungan kafein yang lebih rendah serta rasa yang cukup asam.

Bagaimana kualitas dari biji kopi?

Untuk membuat kopi seperti rasa di café sangat memerlukan biji yang berkualitas dengan baik karena biji yang tidak berkualitas tidak hanya terasa berbeda akan tetapi juga dapat menghancurkan rasa dari kopi itu sendiri. Agar rasa dan aromanya lebih nikmat, sangat dianjrkan anda untuk membeli biji kopi dan digiling terlebih dahulu sebelum menyeduhnya. Disini biji yang dimaksud adalah biji kopi yang sudah dipanggang bukan biji mentah.

Ukuran giling dari kopi anda

Langkah pertama ketika anda menyeduh kopi ala café yang perlu anda perhatikan adalah ukuran giling dari kopi anda tersebut. Ukuran giling ini sangat mempengaruhi kontak, waktu, ekstraksi dan flow. Disini anda harus hati – hati, semakin halus hasil gilingan maka semakin cepat proses ekstraksi namun untuk rasa yang dihasilkan akan semakin pahit. Hal tersebut karena flow air akan terhambat dan semakin lama waktu kontak antara air dan kopi akan terjadi over extraction.

Itulah beberapa tips memilih kopi yang tepat. Membuat kopi ala caffe tentunya tidak semudah yang kita abayangkan akan tetapi juga tidak sesulit yang kita kira. Membutnya diperlukan perhitungan khusus dan tentunya penuh hati – hati agar hasil yang kita dapatkan juga semakin maksimal sesuai dengan keinginan kita.